Thursday, March 21, 2019

Penyebutan Borneo Untuk Pulau Kalimantan [Asal-Usul]

Taukah anda asal permintaan nama Borneo? Borneo yakni sebutan lain untuk pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan yakni pulau terbesar ke 3 di dunia.

Dalam post ini, blog akan memberitahukan anda asal permintaan penyebutan borneo untuk pulau Kalimantan, atau lebih sempurna nya sangkay city blog telah mengumpulkan beberapa artikel yang sudah membahas asal permintaan nama borneo. Berikut goresan pena nya !

Kata 'Borneo' merupakan nama terkenal lain dari kalimantan khususnya di benua eropa, munculnya sebutan Borneo oleh orang eropa dikarenakan di kalimantan banyak ditemukan pohon Borneol (bahasa latin : Dryobalanops camphora) yaitu pohon yang mengandung terpetin, yaitu materi yang dpergunakan untuk antiseptik atau minyak basi dan kamper. pada awal kedatangan orang eropa ke Indonesia terutama dikalimantan, Borneol merupakan salah satu sumber daya alam yang dicari bangsa eropa di Kalimantan.

Namun jika kita kutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Lokal Kalimantan Timur (Sugeng Adnan, 1995:34, 35) nama borneo berasal dari sebuah nama kapal yang pada suatu bencana beberapa era yang lalu, terdapat sebuah kapal layar berbendera ajaib yang berlabuh di Bandar Alalak, Kerajaan Banjar, Kalimantan Selatan. Rupanya kapal layar tersebut sebelumnya mengalami kerusakan berat sewaktu dalam perjalanan. Telah usang kapal itu di perbaiki, tetapi tidak juga membawakan hasil yang memuaskan. Kapal layar itu berjulukan "Borneo" dan di nakhodai oleh seorang kapten berjulukan "De Barito".


Selain itu kata Borneo juga menunjuk pada satu kerajaan dipulau utara kalimantan Yaitu Kerajaan Brunei Darusalam yang sering disinggahi pedagang eropa pada pada masa kolonial dimana kerajaan Brunei pada ketika itu merupakan sebuah kerajaan yang paling menonjol dipulau kalimantan sekitar era ke 16. alasannya yakni kesulitan pengecap orang eropa menyebut kata Brunei alhasil menjadi terbiasa dengan sebutan Borneo.


Nama Kalimantan yang biasa dipakai sehari-hari oleh masyarakat Indonesia disebut berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kalamanthana. Kata-kata ini mempunyai arti sebagai pulau yang mempunyai hawa panas. Nama Kalimantan ini secara resmi dipakai oleh negara untuk memberi nama ke pulau ini alasannya yakni akar katanya yang tidak berasal dari penjajah Eropa.


baca juga : Penyebutan Kota Cantik Palangka Raya


Sekarang ini Pulau Kalimantan atau Borneo merupakan wilayah yang dimiliki oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan juga Brunei Darussalam.


Demikian, kritik dan saran di kolom komentar!! Tabe.


EmoticonEmoticon